Prospek Bisnis Melalui Social Media

Kali ini berdasarkan tugas yang diberikan oleh bapak dosen saya akan membahas prospek dan pola bisnis online yang dapat dijalan kan melalui social media , terutama kali ini saya membahas dua social mediayang sekarang sdang berada diurutan pertama dan kedua social media yang paling banyak digunakan. Ya, Facebook dan Twitter.

Pola Bisnis Online Via Facebook
Tak dapat disangkal social media yang satu ini memang merupakan sarana yang sangat menggoda para pebisnis online untuk memasarkan produk mereka, yang banyak saya perhatikan pola bisnis yang dapat berjalan melalui facebook yaitu bisnis e-commerce sistem kepercayaan. Yaitu si penjual memajang foto dan informasi detail produk nya lalu membagikan nya dengan menambahkan tag pada foto tersebut secara acak kepada friendlist yang ada di akun si penjual. Lalu, banyak orang akan mendapat notifikasi produk si penjual dan jika beruntung akan ada calon pembeli yang berminat dengan berusaha menghubungi kontak si penjual, dalam proses tersebut terkadang terjadi negosiasi antara penjual dan calon pembeli sampai terjadi kesepakatan. kenapa saya menyebut bisnis e-commerce kepercayaan? ya, karena disini masih menggunakan komunikasi langsung dua arah jarak jauh antara penjual dan pembeli tidak sistematis seperti misalnya bhinneka.com yang sudah memiliki sistem penjualan tersendiri yang terintegrasi. Kekurangan dari pola bisnis ini adalah memungkinkan akun facebook anda akan dilaporkan sebagai SPAM karena secara sembarang men-tag orang orang yang tidak memiliki minat dan membuat mereka terasa mengganggu. satu lagi pola bisnis yang saya lihat yaitu menyebarkan link link afiliasi yang disebar di grup, wall, atau update status suatu akun. ya, hal tersebut pada intinya hanya untuk membuat sebanyak mungkin pengguna internet melihat dan menarik calon downlone referal dari link yang telah tersebar.

Pola Bisnis Via Microblogging Twitter
Pendiri twitter berargumen bahwa sebenarnya twitter itu adalah information media realtime yang diisi oleh para pengguna yang memposting jutaan tweet per jam nya. Twitter menjadi sangat terkenal karena dapat diakses dengan mudah dan terkadang dapat menyatukan berbagai komunitas, berbagai orang dalam satu topik tertentu yang sedang hangat dibicarakan yaitu Trending Topics. hal yang menyenangkan dari twitter adalah kita bisa menjadi diri sendiri dalam berpendapat akan suatu topik, atau kita pun bisa menginformasikan kepada para pengguna twitter mengenai kondisi realtime di sekitar. Disamping hal tersebut, twitter pun tidak mau kalah dengan facebook ia pun menjadi sarana promosi yang baik untuk menginformasikan produk atau menyebarkan link afiliasi. namun yang sedang menjadi tren saat ini yaitu pola bisnis afiliasi yang dilakukan melibatkan akun twitter. berikut beberapa contoh nya
1. Sponsoredtweet
program yang membayar kita setiap tweet yang kita posting. Namun memiliki beberapa syarat, yaitu umur akun twitter minimal 2 bulan, memiliki minimal 50 followers,jumlah tweet minimal 100 dan syarat PO minimal $50.

2. twtmob
persyaratan dan prosedur nya sama seperti sponsoredtweet.

3.ad.ly
program pay per tweet ini tidak memiliki syarat khusus, namun memiliki analisa sendiri yang sistematis untuk menentukan layak apa tidak nya suatu akun mendapat iklan.

dan masih banyak yang lain nya seperti be-a-magpie , yakburst, tweetroi, 140target, mylike, paymetweet, twivert, twittad, revtwt.

adsense