Analisis : Advertiser,Publisher, Broker.

Minggu ini saya mungkin akan lebih banyak posting artikel mengenai pelaku bisnis online, dalam hal ini ada 3 pelaku utama yang disebut:
1. Broker   (Perantara/Provider)
2. Advertiser (Pengiklan)
3. Publisher (Penerbit)

Pertama,mari kita mengenal apa itu broker? mungkin yang sering kamu dengar mengenai broker itu orang atau kelompok yang membentuk usaha di bidang perbankan dan keuangan. di bisnis online pun ternyata ada yang dinamakan broker yang pada intinya sebagai perantara,pusat dan tempat pertemuan antara para pengusaha yang memiliki produk untuk dijual (advertiser) dan para penjual yang berusaha menjual produk melalui website atau blog miliknya (Publisher). Disini sebagai sumber penghasilan nya Broker mengandalkan service yang beraneka ragam, misalkan para advertiser boleh memasang iklan secara gratis dengan jaminan akan banyak unique visitor yang akan mengunjungi landing page dari produk yang mereka jual diinternet. Biasanya broker mengambil keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli, jadi advertiser menggunakan service broker dengan imbalan jika produknya terjual ada komisi untuk si perusahaan broker itu dan juga komisi untuk publisher. Ada pula broker yang membangun bisnis online nya dengan cara mencari dan memilih produk yang akan dijual lalu langsung ia pasarkan secara online kepada pembeli atau dengan mengadakan program reseller. Disini broker diibaratkan Mal dangan spesifikasi tertentu, misal ada broker khusus untuk penjual ebook dan produk digital, ada broker untuk informasi sewa kamar hotel di seluruh dunia, ada pula broker yang menjual barang barang real dari penjual,dan masih banyak lagi macam macam bidang kerja broker.
bagaimana? sudah paham siapa itu broker? seperti apa itu broker? bagaimana keuntungan menjadi broker?
mungkin bisa kamu simpulkan sendiri ya, saya rasa semua aspek bisnis online sangat berkaitan dengan broker broker besar yang ada di internet.

Berikut ini beberapa contoh broker yang ada di internet:
1. Sponsoredreviews.com
2. Surveysavvy.com
3. Agoda.com
4. FXDD.com
5. clixsense.com

Lalu kita lanjut membahas advertiser..kamu pasti ngerti kan apa yang akan seseorang atau sebuah perusahaan lakukan untuk menjual produk? Yes, Marketing dan Advertising. Berjualan dan beriklan. tak hanya bidang bisnis yang konvensional saja yang beriklan di billboard raksasa di pinggir jalan atau iklan di tv, tapi bisnis periklanan di internet pun sangat besar pengaruh nya untuk menggaet customer dari wilayah yang lebih luas lagi. Disini lah orang orang yang melakukan pemasangan iklan menggunakan jasa broker tadi untuk mencari publisher atau reseller ataupun direct customer. Para advertiser berani membayar mahal untuk memasang iklan produk nya di situs situs dengan traffic dan pageviews yang tinggi. intinya advertiser ingin memungkinkan sebanyak mungkin orang tau akan produk yang mereka jual sehingga muncul prospek customer. Biasanya advertiser beriklan melalui banner, teks link, dan iklan baris. Dan yang sedang nge-trend dan menguntungkan yaotu bisnis produk digital, karena para advertiser tidak perlu menjual produk fisik yang nyata jadi lebih menghemat biaya dan efisien, produk digital pun banyak diminati karena dibutuhkan banyak orang, produk digital yang dimaksud adalah ebook,software, dokumen dokumen , audio video, dan lain nya.
Nah, sekarang sudah tahu kan kaitan antara si advertiser dan broker ?? tapi tunggu dulu ... ternyata ada satu pihak lagi yang sangat diperlukan di dunia bisnis online . ya, Publisher atau penerbit atau reseller.

Sebenarnya disini publisher lah yang paling mudah di kerjakan di segala sisi, bayangkan untuk menjadi broker kamu harus menyediakan server untuk menampung data data, untuk menjadi advertiser kamu harus membuat produk yang berkualitas untuk bisa bersaing dipasaran. nah, publisher cukup memiliki koneksi internet dan sebuah PC bisa melakukan pekerjaan nya, dengan tambahan sebuah blog gratisan seperti blogger atau wordpress untuk mempromosikan iklan, produk , melalui banner atau link yang dipajang di blog. dan jika kamu ingin sedikit lebih berkelas bisa membeli domain dan hosting sendiri untuk membangun situs sendiri. yang utama nya adalah kamu harus meningkatkan traffic website atau blog kamu agar banyak orang yang menjadi unique visitor yang mungkin akan menjadi prospek customer. keuntungan yang di dapat publisher adalah sama halnya seperti broker komisi dari setiap transaksi yang terjadi antara pemilik produk dan pembeli. banyak yang bisa dilakukan oleh publisher, misal dengan menyebarkan link affiliasi di social media, menukar link di blog blog terkenal.

berikut ini contoh beberapa advertiser :
1. www.vkios.com
2. www.rahasiasuksesclickbank.com
3. www.cpssoft.com
4. www.moviescapital.com
5. www.rahasiatrading.com

berikut ini contoh beberapa publisher:
1. www.kaskus.us
2. www.cosaaranda.com
3. www.boingboing.net
4. www.problogger.net
5. www.detik.com

adsense