Tips Berbelanja Online


Sebelumnya pasti beberapa dari kamu sudah pernah membeli barang secara online? Bagi yang belum pernah berbelanja online melalui website website e-commerce atau forum forum jual beli pasti masih berpikir mengenai keamanan bebelanja online. Apalagi ketika kita berniat membeli suatu barang atau produk di internet saat itu telah melakukan transaksi namun si penjual ternyata tak kunjung mengirim barang yang kita pesan dengan kata lain kita telah tertipu oleh penjual si pemilik barang tersebut. Saya pun pernah mengalami nya diawal awal saya mencoba berbelanja online, tapi sekarang kok sepertinya saya malah ketagihan belanja online, tingkat ke efisien an dan persaingan harga pun menjadi hal menarik bagi saya untuk berbelanja online. Beberapa barang yang pernah saya beli secara online seperti handphone, tas, baju, sepatu, modem, harddisk eksternal, bahkan pulsa operator pun saya beli secara online. Untuk sekedar diketahui saja harga barang barang di online shop biasanya 20% -50% lebih murah dibandingkan harga di pasaran dunia nyata. Itulah sebabnya saya sangat mengandalkan internet ketika saya memerlukan suatu barang, mencari, mengkomparasi produk dan membaca review produk, hal tersebut sangat membantu. Buat kamu yang merasa alergi atau bahkan anti berbelanja online berikut ini saya bagikan tips untuk kenyamanan dan keamanan berbelanja online.

1. Tentukan Barang yang akan dibeli
Ketika kamu akan membeli suatu barang kamu pasti sudah memikirkan detail barang yang akan kamu beli. oleh karena itu ada baiknya sebelum berbelanja online kamu mencari tahu tentang produk tersebut dan membandingkan nya dengan merk lain agar tidak kecewa saat barang sudah di tangan kamu nantinya. Karena yang saya alami ketika saya ingin membeli suatu barang tanpa membaca review dan mengkomparasi produk tersebut dengan merk lain adalah saya merasa kurang puas karena banyak kekurangan yang terdapat pada produk tersebut. Lain halnya jika kita sudah membandingkan membaca review dan mengenal suatu produk maka kita akan mendapat produk yang sesuai dan berkualitas juga cocok dari sisi harga dan kegunaan nya untuk kebutuhan kita.

2. Cari website e-commerce atau forum jual beli yang terpercaya
Di Indonesia sudah banyak toko toko online yang sudah menggunakan sistem e-commerce terintegrasi yang membantu calon pembeli melakukan transaksi sesuai alur yang telah ditentukan tanpa berkomunikasi langsung dengan penjual barang. Jika kamu sudah menemukan barang apa yang kamu akan beli, langkah selanjutnya adalah memilih toko online atau forum jual beli yang terpercaya. Sebelumnya saya akan membandingkan belanja di website e-commerce  dan forum jual beli.

Kelebihan Website e-commerce.
1.Kita tidak perlu repot menghubungi si penjual ketika melakukan transaksi karena semuanya telah dibuat dalam sistem.
2.Detail dan spesifikasi barang lebih lengkap terkadang disediakan review review dari pembeli sebelumnya yang telah melakukan transaksi dengan toko online tersebut.
3. Barang yang dijual lebih beragam karena biasanya website e-commerce menjual lebih dari satu macam barang jadi kita bisa menghemat biaya pengiriman jika ingin membeli barang lebih dari satu dan tidak perlu membeli di beberapa situs.
4. Proses transaksi Lebih cepat.

Kekurangan Website E-commerce
1. Ketika konfirmasi pembayaran dan ketika menanyakan ke bagian pelayanan pelanggan kadang lama sekali direspon oleh petugas website tersebut.
2. Harga tidak bisa negosiasi.
3. Biaya pengiriman biasanya dikenakan charge tambahan karena packaging khusus dari setiap toko online.

berikut referensi rekomendasi website e-commerce lokal
- gadget & IT product : www.bhinneka.com , www.jakartanotebook.com
- Voucher dan kupon Diskon: www.disdus.com, www.outlet.co.id
- Handphone & Acc : www.roxyhp.com
- Men's Fashion : www.butik-pria.com



Kelebihan Forum Jual Beli
1. Harga lebih murah dari website e-commerce.
2. Barang yang dijual lebih beraneka ragam dan unik.
3. Komunikasi dan respon penjual cepat dan atraktif.
4.Persaingan antar penjual kadang memanjakan para pembeli, misal dengan memberika bonus atau potongan harga sampai gratis biaya pengiriman.

Kekurangan Forum Jual Beli
1. Jika kita tidak cerdik memilih penjual maka resiko nya kamu akan tertipu setelah transaksi.
2. Terkadang Pengiriman barang agak lambat karena penjual menunggu kuota tercukupi baru melakukan pengiriman.
3. Dengan pola penjualan yang tidak sistematis terkadang barang yang kita pesan tertukar dengan barang pesanan pembeli lain.

Berikut referensi rekomendasi situs forum jual beli online
- www.kaskus.us (forum FJB)
- www.tokobagus.com
- www.indowebster.com


3. Berikan review mengenai barang yang sudah dibeli beserta saran dan testimonial nya
Review dan testimoni dari kita sebagai pembeli kepada penjual memang menjadi hal yang oenting dalam bisnis online yang mengandalkan kepercayaan ini. Hal ini dikarenakan review dan testimoni yang kita berikan dapat membantu orang lain untuk menentukan dan memilih toko atau forum yang terpercaya. kita pun pastinya merasa terbantu bukan dengan adanya review dan testimoni dari pembeli pembeli sebelumnya. Awas, perhatikan pula keaslian dari review dan testimoni tersebut, kadang beberapa penjual berbuat curang dengan menambahkan review dan testimoni palsu yang dibuat buat untuk membuat orang orang percaya dengan toko online atau lapak mereka.

adsense